5 Kesalahan Dalam Menulis CV


 Halo, #SahabatRoyal 👋🏻👋🏻

Are you a fresh graduate? And looking for a job? Sudah mempunyai CV? Kalau belum, wajib banget untuk nulis CV dari sekarang. Yang sudah mempunyai CV, yakin CV nya udah aman aman aja nih? Hayoo panik ya panik, hehehe 

But, don't worry ya. #LetsGetToKnowIT hari ini, mimin bakal kasih tau ke #SahabatRoyal semua perihal kesalahan dalam menulis CV.

1. Salah dalam pengetikan (Typo)

Kesalahan yang paling umum adalah salah pengetikan. Hal tersebut sangat berpengaruh, loh #SahabatRoyal. Karena CV merupakan first impression yang dilihat oleh tim rekruter, loh. So, pastikan untuk menghindari kesalahan dalam penulisan CV kamu ya.

2. Mencantumkan seluruh riwayat pendidikan

Kamu tidak perlu mencantumkan seluruh riwayat pendidikan karena dapat memakan space di CV. Cukup tulis pendidikan mulai dari SMA/SMK saja. Space kosong lainnya dapat kamu manfaatkan untuk menulis skill dan pengalaman kamu yang lainnya.

3. Melebih-lebihkan sesuatu

Selalu tulis CV sesuai fakta ya #SahabatRoyal. Karena tahap perekrutan masih panjang. Kamu tidak perlu takut gagal hanya karena isi CV kamu. Karena tim rekruter dapat menilai berapa besar keahlian kamu ketika wawancara, loh.

4. Jangan menuliskan privasi

Membuat CV bukan bertujuan untuk menimbulkan kontroversi atau membuka rahasia pribadi kamu, ya #SahabatRoyal. Cukup cantumkan biodata lengkap kamu secara umum. Alasan mengapa resign dari perusahaan yang lama, juga tidak perlu kamu cantumkan di dalam CV, ya.

5. Satu CV untuk semua lamaran

Ingat ya #SahabatRoyal, setiap perusahaan tentunya memiliki kualifikasi tertentu terhadap kandidat pelamar. Kamu harus dapat menyesuaikan CV sesuai dengan posisi yang akan dilamar, ya. Hilangkan kebiasan menggunakan satu CV untuk melamar di puluhan bahkan ratusan perusahaan, ya!

Nah, itu beberapa kesalahan yang harus kalian hindari ya, guys. Kalau #SahabatRoyal punya tips lain perihal menulis CV, komen di kolom komentar yuk. 

Posting Komentar

0 Komentar