Tips Mencari Kerja Part Time untuk Mahasiswa



Hallo, Sahabat Royal, pasti kamu sudah tidak asing dengan kerja part time pastinya kan? Yapp, kerja part time atau kerja paruh waktu banyak sekali dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk menambah pengalaman ataupun menambah uang saku. Apakah Sahabat Royal salah satunya?

Hmm, kira kira apa saja ya tips nya untuk mencari kerja part time? Dan apasih manfaat kerja part time untuk mahasiswa?

Penasaran? Sebelum itu, kita bahas dulu yuk, apasih itu kerja part time.

Kerja part time atau kerja paruh waktu adalah kegiatan yang sering dilakukan seorang mahasiswa untuk mengisi waktu luang dengan bekerja, namun hanya dalam beberapa jam, atau sesuai dengan acara tertentu saja, yang mana kamu tidak perlu bekerja fulltime dari pagi hingga sore seperti pekerja kantoran pada umumnya.

Tips mencari kerja part time:

1. Manfaatkan jejaring atau koneksi yang dimiliki

Menjalin relasi dengan banyak orang itu penting. Karena jika kamu memiliki jaringan pertemanan yang cukup baik, kamu akan mendapatkan info lebih banyak perihal lowongan pekerjaan. Semakin banyak relasi, semakin besar kesempatan yang akan datang.

2. Pendekatan langsung dengan perusahaan

Jika kamu tidak memiliki kenalan yang bisa membantu kamu mendapatkan kerja part time. Kamu harus memulainya sendiri dengan membuat daftar perusahaan yang menyediakan kerja part time dan yang terpenting tetap siapkan portofolio/cv yang terbaik ya.

3. Rajin cek situs pencari kerja

Tersedia cukup banyak situs khusus lowongan pekerjaan yang menyediakan ribuan informasi pekerjaan profesioan baik full time ataupun part time. Kalau kamu rajin mengecek situs, kamu akan lebih cepat mendapatkan pekerjaan yang akan kamu lamar loh.

4. Ajukan lamaran pada musim liburan

Ketika kamu melamar pekerjaan pada musim liburan, akan banyak peluang pekerjaan yang bisa kamu manfaatkan loh. Pastikan juga portofolio/cv yang kamu submit adalah portofolio/cv terbaik dan sesuai dengan pekerjaan yang kamu lamar. Biasanya perusahaan akan lebih cepat mempekerjakan orang di saat musim liburan.

Rekomendasi kerja part time untuk mahasiswa

1. Designer

2. Penulis lepas

3. Tutor atau guru les

4. Barista

5. Fotografer

Menurut, Sahabat Royal ada lagi ngga kerja part time yang bisa dilamar? Komen di bawah ya.

 

 

Posting Komentar

0 Komentar