Tips Memilih Tempat KKL dan Manfaatnya

Hallo, Sahabat Royal, Siapanih yang sudah semester 6 ? Mimin dapet spoiler nih, katanya minggu-minggu ini lagi pemberkasan untuk KKL ya? Gimananih, Sahabat Royal udah tahu belum mau KKL dimana? atau masih pada dilema mau KKL dimana?

Buat Sahabat Royal, yang masih awam sama KKL. Mimin kasih info dikit nih. Jadi, KKL atau Kuliah Kerja Lapangan itu biasanya salah satu matakuliah praktek yang harus diikuti oleh mahasiswa semester 7. Nah, kerennya lagi, untuk KKL sendiri dilakuin diluar kampus atau lebih tepatnya di instansi lain dengan rentang waktu kurang lebih selama sebulan loh.

Nah, untuk memilih tempat KKL itu ngga boleh sembarangan loh. Ada beberapa hal/tips yang harus diperhatikan, diantaranya:

1.  Sesuaikan dengan jurusan

Tips pertama ketika memilih tempat KKL adalah cocokkan dengan jurusan yang kamu ambil di perkuliahan. Tips ini sangat membantu kamu untuk menyusun laporan nantinya loh. Kalau semisalnya sudah mentok dan tidak ada lagi, it’s okay untuk KKL dimana saja. Yang terpenting kamu tahu apa yang akan kamu buat di laporan kamu nantinya. 

2. Pilih teman sekelompok yang satu visi

KKL bisa dilakukan berkelompok 5 hingga 10 orang. Untuk memilih kelompok KKL jangan asal tunjuk aja. Soalnya, KKL bukan hanya sekedar untuk mencari pengalaman bekerja, kamu juga harus memperhatikan/menganalisa semua hal yang terjadi di Instansi yang nantinya akan kamu tuangkan kedalam bentuk laporan. Kalau kamu memiliki teman sekelompok yang satu visi dengan kamu, pastinya laporan KKL kamu akan lebih cepat selesai.

3. Pertimbangkan lokasi

Selanjutnya, yang perlu diperhatikan adalah lokasi tempat KKL nantinya. Apakah dekat dengan rumah atau kos, apakah biaya transportasi seimbang dengan pengalaman yang didapatkan, dan lainnya. Dan kalau memang harus jauh dari tempat tinggal, ngga masalah kok, asalkan dengan KKL tersebut bisa menjadi bekal dan bermanfaat untuk kamu.

4. Pastikan durasi sesuai

Walaupun kegiatan KKL dilaksanakan di waktu libur selama sebulan. Kamu harus memperhatikan durasi kerja selama KKL. Apakah fulltime dari pagi sampai malam, kapan waktu istirahat dan waktu liburnya. Jika kamu rasa durasi kerja nya sudah sesuai dengan ekspetasi kamu, kenapa ngga. Take it or leave it, semua ada di tangan kamu.

5. Potensi network di calon tempat magang

Tips terakhir ini sama pentingnya dengan tips pertama, yaitu ketika memilih tempat KKL, cari tahu juga seputar potensi networking di sana. Soalnya, networking dalam dunia kerja memiliki banyak manfaat yang baik loh. Hal hal kecil yang bisa kamu lakukan selama di tempat KKL yakni, berkenalan dengan orang di setiap divisi, mencari tahu apa yang mereka lakukan, dan menjaga hubungan baik. Dengan menjalankan networking, kamu punya gerbang ke mana saja yang dapat membantu kamu nantinya.

Manfaat setelah mengikuti KKL:

  1. Mengenali/mengetahui kebutuhan pekerjaan di tempat Kuliah Kerja Lapangan (KKL)
  2. Menyesuaikan (menyiapkan) diri dalam menghadapi lingkungan kerja setelah mereka menyelesaikan studinya
  3. Mengetahui/melihat secara langsung penggunaan/peranan teknologi informasi dan komunikasi di tempat Kuliah Kerja Lapangan (KKL)
  4. Menggunakan hasil atau data-data Kuliah Kerja Lapangan (KKL) untuk dikembangkan menjadi laporan KKL dan skripsi
  5. Meningkatkan pengalaman kerja sama, kepemimpinan, dan kedisiplinan untuk menjalani pekerjaan kelak

Sahabat Royal yang akan melaksanakan KKL tetap semangat ya….

Posting Komentar

0 Komentar