Rekomendasi Lagu untuk Belajar Bahasa Inggris

Rekomendasi Lagu untuk Belajar Bahasa Inggris- Belajar bahasa Inggris menggunakan lagu? Why not? Malahan, ada banyak orang yang mampu berbahasa Inggris karena mendengarkan lagu.



Memang banyak orang yang mengatakan bahwa musik adalah bahasa yang universal. Lirik dalam musik cenderung ringan dan mudah diingat, sehingga enggak heran lagu dengan lirik berbahasa Inggris bisa digunakan untuk belajar.

Kamu mungkin enggak ingat apa yang barusan dibaca dalam buku teks tadi malam, tapi kamu pasti bisa ikut menyanyikan beberapa lagu bahasa Inggris. Dari mendengarkan (dan membaca) kata-kata dari sebuah lagu — disebut lirik — kamu dapat meningkatkan pemahaman bahasa Inggris secara signifikan.

Kenapa, sih, Harus Belajar Bahasa Inggris dengan Lagu?

Ada banyak hal yang bisa kita pelajari dari lagu berbahasa Inggris.

Lagu bahasa Inggris bisa mengajari kita tentang idiom populer dan menambah vocabulary kita!. Lagu bahasa Inggris bahkan bisa mengajari kita tentang grammar.

Lagu-lagu pop berbahasa Inggris bisa menjadi alat belajar bahasa Inggris yang menyenangkan. Meskipun sebuah lagu enggak punya kosakata baru yang bisa dipelajari, ada banyak hal lain yang bisa dipelajari. Di antaranya adalah:

  • Bahasa gaul bahasa Inggris saat ini

  • Frasa dan idiom

  • Kata-kata santai dan informal

  • Pengucapan

  • Sajak

  • Budaya populer

Cara Aktif Belajar Bahasa Inggris dengan Lagu

Untuk belajar bahasa Inggris dengan lagu, hal pertama yang harus dilakukan adalah menjadi pendengar yang aktif.


Dengan kata lain, kita harus mendengarkan dengan cermat semua kata. Kita harus mengetahui definisi mereka dan bagaimana kata-kata tersebut disatukan menjadi kalimat. Plus, kita perlu mengetahui arti lengkap dari lagu tersebut.

Berikut beberapa tip mendengarkan aktif saat kita menggunakan lagu untuk meningkatkan bahasa Inggris:

  • Bacalah sebelum kita mendengarkan. Mungkin sulit untuk mendengar kata-kata dalam sebuah lagu dengan jelas, jadi ada baiknya untuk melihatnya dituliskan sebelum kita mendengarkan. Gunakan situs web seperti AZLyrics atau Google Play untuk mencari lirik lagu. Membaca liriknya akan membantu kita menemukan kata-kata yang tidak kita pahami, lebih memahami artinya, dan tahu persis apa yang dikatakan penyanyi itu.

  • Menyanyi bersama. Menyanyikan lagu-lagu bahasa Inggris benar-benar dapat membantu kita mempelajari kata-katanya. Kita mungkin menemukan bahwa pengucapan dan kefasihan menjadi lebih mudah saat kita memiliki musik untuk diikuti.

  • Ulangi dengan nada normal. Setelah kita mengetahui kata-katanya dengan cukup baik, coba matikan musiknya dan ucapkan dengan normal. Menyanyikan kata-kata tersebut dapat membuat kita lebih percaya diri dan nyaman mengucapkannya.

  • Perhatikan cara pengucapan kata-kata tersebut. Tidak semua musik pop memiliki lirik yang menarik atau bermakna. Namun bukan berarti kita tidak bisa belajar darinya! Mendengar dan memahami kata-kata dalam lagu bahasa Inggris sebenarnya adalah pencapaian besar. Itu berarti kita telah mempelajari kata-kata dengan cukup baik untuk mengenalinya.

  • Temukan kesalahannya. Lagu itu seperti puisi. Mereka bisa menjadi kreatif agar terdengar lebih baik atau memiliki ritme yang lebih baik. Artinya, beberapa lagu menggunakan tata bahasa atau frasa yang tidak tepat. Cobalah mencari di mana sebuah lagu menggunakan tata bahasa yang buruk atau menggunakan kata dengan cara yang salah.

  • Yang terpenting, Having Fun! Belajar bahasa Inggris dengan lagu adalah cara yang menyenangkan dan kreatif untuk mengistirahatkan otak kita sambil tetap belajar.

Rekomendasi Lagu untuk Belajar Bahasa Inggris

1. Sad Song – We The Kings ft. Elena Coats



Dari lagu ini kita dapat belajar menggunakan singkatan dari bentuk to be setelah subjek, seperti are pada we menjadi we’re, am pada I menjadi I’m, have pada I menjadi I’ve, dan lain-lain.

Kata wanna dalam lirik “cause I don’t ever wanna close my eyes” merupakan bentuk singkatan dari want to yang biasa diucapkan oleh penutur asli Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari mereka. Selain itu, kesatuan musik dalam lagu ini sangat enak didengar.

2. Secret Love Song – Little Mix ft. Jason Derulo

Dari lagu yang dirilis tahun 2015 ini, kita bisa mengetahui arti beberapa kata yang memiliki arti ganda dan idiom. Seperti dalam lirik “I wish that it could be like that”, kata that pertama memiliki arti “bahwa”, sedangkan kata that di akhir kalimat memiliki arti “itu”.

Banyak kosa kata Bahasa Inggris yang memiliki arti ganda yang membingungkan karena kedua arti sama sekali tidak berhubungan. 

3. I Know I'm not The Only One – James Smith



Kamu pernah belajar Perfect Tense? Ketika kamu mencermati lagu yang dibawakan oleh James Smith ini dengan baik, maka kamu akan banyak menemukan kalimat yang menggunakan Pervect Tense, seperti “I’ve had” dan “you’ve done”. Dengarlah lagu ini dengan baik maka kalian akan terbiasa dengan bentuk tenses ini.

4. Say You Won’t Let Go – James Athur

Bagi kamu yang ingin meningkatkan kemampuan menyusun kata dalam past tense dan ingin memperbanyak kosa kata  dalam past tense terutama untuk Kata Kerja Tak Beraturan(Irregular Verb), sering dengarlah lagu ini. Dalam lagu ini kamu akan menemukan kalimat-kalimat bentuk lampau, dan kata-kata seperti met, lit, made, held, knew dll yang merupakan Irregular verb. Lagu yang dirilis pada 9 September 2016 ini juga keren, jadi recommended banget deh..

5. When Will My Life Begin – Tangled

Lirik When Will My Life Begin berisikan bagaimana menjalani aktivitas dalam kehidupan sehari-hari sehingga kamu bisa mengetahui kosa kata yang ada di dalam aktivitas yang kamu jalani setiap hari. Untuk lagunya kamu bisa lihat di Youtube atau dengar langsung dari filmnya. Jadi, sekalian belajar Bahasa Inggris dari filmnya. Seru, kan?

Rekomendasi Lagu untuk Belajar Bahasa Inggris yang biasa menjadi media belajar bahasa Inggris milikmu? Komen di bawah, ya!

Sumber: idntimes.com



Posting Komentar

0 Komentar