What is Insecurities?

Insecure merupakan salah satu kondisi mental dimana kita merasa kurang percaya diri dan takut secara berlebihan terhadap keadaan diri, sehingga tidak jarang melakukan sesuatu dengan berhati – hati dan enggak percaya diri. 



Bahkan, enggak jarang seseorang yang mengalami insecure ini merasa bahwa dialah yang paling buruk di dunia ini dan sering menaruh curiga pada orang lain maupun lingkungan di sekitarnya.

What Causes Insecurities?

  1. Sifat Perfectionist

Ada sejumlah orang yang memiliki standar yang tinggi terhadap semua hal yang akan dilakukan. Mereka menginginkan segala sesuatunya sempurna, but there is nothing perfect in the world, right?

Pada akhirnya, sikap ini membuat orang merasa cemas dan insecure terhadap apa yang sudah dia punya karena merasa itu gak cukup sempurna.

  1. Tidak Memiliki Kepercayaan Diri

Jenis insecurity ini umumnya didasarkan pada kepercayaan yang menyimpang tentang harga diri seseorang dan tentang sejauh mana orang lain mengevaluasi dirinya. Sebagian besar waktu, orang lebih fokus pada bagaimana mereka menemukan daripada menilai orang lain. Mereka yang menghakimi dan mengecualikan sering menyembunyikan rasa tidak aman dirinya sendiri, sehingga pendapat mereka mungkin kurang akurat.

  1. Pernah Mengalami Penolakan

Peristiwa dalam kehidupan seseorang mempengaruhi suasana hati dan perasaan tentang diri sendiri. Penelitian tentang kebahagiaan menunjukkan bahwa hingga 40% dari "hasil kebahagiaan" didasarkan pada peristiwa kehidupan baru-baru ini. Kontributor negatif terbesar dari insecurity adalah berakhirnya suatu hubungan, diikuti oleh kematian pasangan, kehilangan pekerjaan, dan kesehatan.

Karena ketidakbahagiaan juga mempengaruhi harga diri seseorang, kegagalan dan penolakan bisa memberikan dampak yang berlipat ganda untuk kepercayaan diri seseorang. Penolakan pasti membuat seseorang melihat dirinya sendiri dan orang lain lebih negatif untuk sementara waktu. Mereka merasa memiliki harga diri yang lebih rendah, sehingga menjadi lebih reaktif terhadap kegagalan. 

How to Deal with Insecurities?

  • Berusaha untuk tetap berpikir positif

  • Berhenti menyalahkan diri sendiri

  • Jangan membandingkan diri dengan orang lain

  • Hindari orang-orang yang membuatmu insecure

  • Lakukan hal yang membuatmu bahagia

 

"Love yourself instead of loving the idea of other people loving you".

Source: halodoc


Posting Komentar

0 Komentar