Belajar Tentang Question Tag

Belajar Tentang Question Tag - Hello, Guys! What’s life? Seperti yang udah terbaca di judul, pasti tahu, dong, hari ini akan bahas apa?

Yup, we are going to learn about question tag!



But, wait. What is question tag? How to use the Question Tag? Nah, kuy belajar bareng Mimin mengenai Question Tag dengan membaca uraian di bawah ini!

Pengertian Question Tag

Dalam tata bahasa, sebuah question tag adalah klausa yang sangat pendek yang ada di akhir sebuah pernyataan yang mengubah pernyataan menjadi pertanyaan.

Berbeda dengan kalimat tanya pada umumnya, question tag tidak diawali dengan Do/did, have/has, will/would, ataupun kalimat tanya yang lain. Question tag selalu diawali dengan pernyataan.

Simpelnya begini, Genks!

Kalau dalam Bahasa Indonesia, Question tag ini artinya sama seperti jika kita menggunakan “kan?”, “bukan?”, "oke?" dan “yuk?” 

Misalnya kalimat ini: “Kamu suka makan bakso, kan?” atau “Kita pergi ke toko buku, yuk?”. 

Perhatiin, ya. Dari kedua kalimat itu, kalau kita menghilangkan kata “kan?” atau “yuk?” maka kalimat di atas adalah pernyataan, namun jika kita menggunakannya maka akan menjadi pertanyaan.

You understand, don't you?

Fungsi Question Tag

Fungsi Question Tag ini sederhana, sih. Biasanya, orang menggunakan Question Tag untuk menegaskan atau meminta persetujuan dari pernyataan yang sudah dia lemparkan.

Jadi semacam: “Kamu ngerti, kan, penjelasan ini?” atau “Kamu setuju sama pendapat aku, kan?”

Rumus Question Tag

Rumus umum question tag adalah:

question tag = linking verb “be” / auxiliary verb +/- not + pronoun

Linking Verb ‘be’ itu apaan, min?

Linking verb “be” itu adalah is, am, are, was, were.

Auxiliary verb itu adalah will, would, may, may, might, can, could, shall, should.

Aturan dalam Question Tag

Dikutip dari wallstreetenglish.com, ada rumus dan aturan yang perlu kamu ingat dalam membuat question tag. Di antaranya adalah:

  • Ketika kalimat pernyataan menggunakan linking verb “be” (is, am, are, was, were), maka pertanyaan pun menggunakan be.

  • Jika kalimat pernyataan menggunakan primary auxiliary verb (be, do, have) atau modal auxiliary verb (will, would, may, might, can, could, shall, should) maka pertanyaan menggunakan auxiliary verb yang pertama (jika ada lebih dari satu).

  • Jika kalimat pertanyaan menggunakan main verb selain linking verb “be” dan tanpa didampingi auxiliary verb, maka “do/does/did” akan digunakan dalam membuat question tag.

  • Jika kalimat berupa larangan atau perintah, maka pertanyaan diawali dengan “will you”.

  • Jika kalimat pertanyaan menggunakan subjek tak spesifik seperti nobody, everybody, no one, dan everyone, maka kamu harus menyematkan “they” dalam question tag.

  • Dilansir dari study.com, jika kalimat awal negatif, question tag harus positif. Sebaliknya, jika kalimat awal positif, question tag harus berbentuk positif. Contoh:

  1. The weather is nice outside today, isn’t it?

  2. The clouds aren’t coming back, are they?

Posting Komentar

0 Komentar