Mana Yang Lebih Aman, HTTP atau HTTPS?

Media dan Informasi STMIK Royal Kisaran - Sahabat Royal, kalau mengunjungi suatu website, pernah memperhatikan bagian nama domainnya tidak? Kalau yang memperhatikan pasti tahu kalau ada tulisan HTTP ataupun HTTPS.

Lantas, apa perbedaannya?

Apa itu HTTP dan HTTPS ?

Hypertext Transfer Protocol (HTTP) merupakan sebuah protokol yang berguna untuk komunikasi antara sistem yang berbeda. Biasanya lebih sering digunakan untuk mengirimkan data dari web server ke browser untuk menampilkan halaman website.

Sedangkan Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS) merupakan hasil pengembangan dari versi HTTP sebelumnya, HTTPS memiliki fungsi keamanan yang lebih ketat sehingga membuat client merasa aman dalam mengakses berbagai konten web.

Mana Yang Lebih Aman, HTTP atau HTTPS? 

Sudah pasti lebih aman HTTPS. Karena, saat kita mengunjungi website dengan HTTP maka data yang dikirimkan dari browser menuju server tidak di enkripsi, yang mana dapat disalahgunakan. 

Wah jadi bagaimana ? 

Oleh karena itu kita dapat menggunakan versi yang lebih aman yaitu HTTPS.

Sedangkan HTTPS menggunakan TCP (Transmission Control Protocol) yang mana ketika akan mengirim dan menerima data melalui port 443 dengan koneksi yag dienskripsi oleh SSL/TLS (Transport Layer Security). Dengan itu, data kita akan lebih aman saat digunakan untuk mengakses sebuah website, seperti menginputkan data berupa password atau lainnya, karena komunikasi browser ke server dan server ke server akan dienkripsi.

                                                Perbedaan secara umum HTTP dan HTTPS
Semoga Bermanfaat 

 

Posting Komentar

0 Komentar