Apa Itu Portofolio dan Kenapa Sangat Dibutuhkan?

Media dan Informasi STMIK Royal Kisaran - Halo Sahabat Royal, udah pernah dengar soal portofolio ? 

Portofolio adalah sebuah ringkasan pengalaman kerja kalian, yang bisa dipublikasikan disuatu website, blog ataupun social media kalian. Walaupun, tidak semua pekerjaan membutuhkan portofolio. Tapi, portofolio itu sangat penting loh.

Kenapa portofolio sangat penting? dan apa saja yang harus di includekan di dalam portofolio?

Portofolio? What is that ?

Portofolio adalah sebuah ringkasan pengalaman kerja serta berbagai pencapaian yang telah dikerjakan atau dokumentasi professional yang pernah dinilai atau dipublikasikan di suatu majalah, website dan sebagainya.

A Portfolio can be an important tool for your career

Kenapa ? karena portofolio menunjukkan kemajuan dan kemampuan kamu yang mana portofolio berisi semua hasil karya kamu berupa tulisan ataupun gambar. Dengan portofolio dapat menunjukkan progress dari setiap pekerjaan yang telah kamu lakukan. Portfolio presents evidence of your skills and abilities.

Kemudian portofolio dapat membuat percakapan kamu dengan pewawancara lebih fokus, dimana saat kamu melamar pekerjaan, portofolio yang dibuat dapat membantu pembicaraan kamu dan pewawancara untuk lebih fokus ke satu arah. Jadi, kamu dapat mempersiapkan perkiraan list pertanyaan dan jawaban untuk wawancara. 

Apa saja yang harus dimasukkan ke dalam portofolio 

1.         1. Jelaskan siapa kamu

Jelaskan secara rinci mengapa kamu menyukai hobby kamu, seperti menulis, desain web, etc beserta keahlian dan pengalaman yang kamu miliki. Make the information relatable and personable.

2.         2. Sertakan hasil karya yang pernah dibuat

Yang terpenting didalam portofolio kalian ada terdapat contoh pekerjaan yang udah kamu lakukan, semisal karya tulis, hasil dokumentasi dan kamu juga dapat memasukkan resume kedalam blog, website ataupun social media kamu.


3. Buat sesederhana mungkin namun enak dipandang

Pastikan desain portofolio kamu harus sederhana namun enak dipandang serta tidak terlalu mencolok dan straight-forward. Yang mana jangan terlalu berlebihan dan buat apa adanya sesuai dengan keadaan kalian.

4.         4. Sertakan kontak yang bisa dihubungi

Make it easy for visitors to get in touch with you. Yang mana kalian harus menyertakan kontak person yang bisa dihubungi. Seperti, Hire Me or Get in Touch. 


Semoga Bermanfaat.

 

Posting Komentar

0 Komentar